Women in My Life

by - 02.21

http://samdeiza.blogspot.com/2013/03/women-in-my-life.html
Hah! sebulan lebih g update ni blog. entah knapa, doain jha ya sob biar gue bisa beli laptop dengan segera...
apah? utang? emang gue hobi ngutang yah? mana mungkin coba guah punya utang....

Well, sekitar lebih dari sebulan yang lalu gue bertandang ke rumah temen gue, yang kebetulan juga pembaca rutin blog gue ni (no! bukan! dia bukan fans blog gue! dia cuma mw ngoreksi cerita cerita yang gue tulis di blog gue, dan ketika dia nemu namanya tertulis di blog ini tanpa ada verifikasi terlebih dahulu, dia pasti minta uang kontrak nya...)waktu itu siang bolong kalo g salah, ( yang bersangkutan jangan protes yah...lu tau lah bos NAO ni lagi apah) dan dari nya gue minjem dua buku. Yang pertama judulnya "Marmut Merah Jambu" dan yang kedua "Rectoverso"


Yah, kita tau lah dua buku ini adalah satu dari karya terbaik masing masing penulisnya dan merupakan best seller. Yang pertama ditulis oleh inspirator blog gue ni: Raditya Dika, dengan bahasa yang, gue sendiri aneh untuk bukunya yang satu ini. Begitu dalam dan selalu sukses membuat setiap pembaca termenung; "oh iya yah.... bener banget.......". Beda dengan buku kedua yang ditulis oleh Dee (Dewi Dee Lestari yah.....bukan Melinda Dee.....beda di dada). Meski sama bercerita tentang cinta, Dee adalah seorang penulis yang punya kemampuan menulis dengan 'bahasa'. Meski pada setiap akhir tulisan, pembaca juga akan sama mengucap; "oh iya yah.....bener banget......."

pokoknya buat dua buku itu cuma enem huruf : Te O Pe Be Ge Te

Dan seperti biasa, setiap daku nonton film ato baca buku, selalu hidup ini, untuk sementara waktu, terpengaruh dengan film ato buku tersebut.
Sebut ajah Card Captor Sakura. Gue adalah salah satu penggila film ini. Dulu tayang sore jam setengah empat kalo g salah. Pulang TPQ gue lari ke rumah. Ga mao sedetik pun ketinggalan ni film. Tapi saking pengen cepet nyampe dirumah, gue gak lagi lari, tapi belaga pake sepatu roda. Apapun! mao saat itu gue pake swalllow, sepatu NB, sepatu Pro ATT yang ada lampu nya, pasti bakal gue gesekin ke tanah seakan akan tu sepatu roda biar kaya sakura yang selalu sepatu rodaan. Al hasil, karna gue pulang dengan 'bersepatu roda', gue jadi gak telat sedetikpun, meski sepatu ato sendal ngue cepet bolong n abis bawahnya.
Gak cuma itu. Gue juga sering maen ayunan yang dibuatin nenek gue di bawah pohon kecapi yang tinggi sehingga daya ayun nya juga jadi lebih jauh dan tinggi. Gue naek ayunan itu seakan akan gue lagy ngendarain tongkat sakura. Seentara gue ngendarain tu 'tongkat', gue sering ngelempar daon ke udara seakan akan daon itu adalah clow card lalu bilang....

"Lepaaaaaaasskaaaaaaannnnnnn....."
truz lempar daon laen lagi lalu bilang lagi
"Lepaaaaaassskaaaaaannnnnnnnn....."

nenek gue yang lagi nyapu halaman langsung nyeletuk : "lu ngapa tong?"

itu salah satu contohnya, dan gak perlu contoh yang lain.
Kembali, jadi setelah baca dua buku itu, seketika gue teringat kehidupan percintaan gue.
Memori ingatan gue kembali ke waktu sebulan yang lalu, saat Om Pram datang ke kehidupan ku..... (OM PRAAM????!!!)
Pindah lagi ke setentgah tahun yang lalu, saat Bang Saprih datang ke kehidupan ku...(BANG SAPRIIIH????!!!)
 gue inget dan gue inget lagi, semakin mundur ke belakang, terussss gue coba tuk mengingat...

tapi, kok yang ada cowok semua, gada cewek nya?

gue coba inget inget lagi dengan sangat keras dan sangat keras

yang ada malah si Jeprih

Kembali gue peres otak gue, lalu gue jemur dan gue strika. Dan akhirnya munculah dua orang nama

Ayi Jamilatun Milah dan Siti Masyithoh.

Dua nama itu yang pernah memberi kesempatan ke gue untuk merasakan indah nya jatuh cinta, indahnya punya seseorang di hati. Eventhough gue waktu itu kencing ajah belom bisa lurus, gue sangat begitu ingat dan hapal bagaimana hati gue merasakannya dulu.
Kala itu gue kelas 6 SD
yah, saat gue lagi gila gila nya di ayunan bawa konci rumah truz di lempar ke udara, berharap jadi tongkat bersayap yang bisa terbang, tapi yang ada malah tu konci ilang entah kemana, dan akhirnya pantat gue jadi inceran sapu emak gue lagi. Entah berapa kali kunci rumah gue di duplikat gara gara sakura jadi jadian ini.
Dan silahkan kalian mau percaya atau engga, tapi ternyata 'kegilaan' ini ynag membuat mereka suka ama gue!

Yang pertama Ayi Jamilatun Millah. Dia adek kelas gue di SD, gue kelas enam dia kelas lima. dan kita satu TPQ juga. Sebenernya kalo mao diperhatikan, gue dan Ayi punya banyak kesamaan. Kita sama sama juara kelas di kelas kita masing masing. Kita sama sama les bahasa inggris dimana satu sekolahan cuma kita berdua yang les bahasa inggris, Al Qur'an kita sama (belakangan gue tau bahwa dia sengaja beli yang sama kaya yang punya gue), dan yang paling utama nih ya sob, kita sama sama jago main karet, jago main bola bekel, cuma gue lebih jago dari dia di Gobag Sodor n maen gambaran. (hohohoho)

Pada awalnya gue maen sama dia dan temen temennya dan gada suatupun muncul di hati gue tentang dia. Tidak tentang wajahnya yang manis dan cantik, tidak tentang dia yang pinter, tidak tentang dia yang anak orang kaya, dan tidak tentang dia yang punya semyum indah. Semua berjalan biasa saat kita main bareng, karna masa kecil gue memang gue lebih banyak bergaul dengan betina dari pada dengan jantan, meskipun lu harus percaya bahwa gue waktu sd dulu juga hobi maen bola. Bola beneran bukan bola bekel.
semua berjalan biasa hingga suatu saat salah seorang dari gengnya dia dateng ke gue

"ji, lu tau gak?"
"tau apaan?"
"si Ayi suka loh sama lu"
"Ayi?"
"Iya"
"Ayi?"
"Iya"
"Beneran lu?"
"iya lah, masa gua boong ma lu. tanya jha sendiri ama orangnya"

Seketika, pada saat itu, ada perasaan aneh menyelinap dalam kutang, eh salah, dalam dada maksudnya. Suatu perasaan yang sulit di deskripsikan dengan kata kata. Satu perasaan yang sungguh indah, sungguh dalam. Suatu perasaan yang bisa membuat lu tersenyum sepanjang hari. Bahkan walopun lu punya utang 20 juta. Saat itu gue merasakannya

"lu tau dari mana?"
"dari Ayi nya sendiri"
"koq bisa dia suka ama gue?"
"he eh, gue juga aneh. koq bisa dia suka ama lu. tapi dia bilang lu tuh orang nya lucu. ngegemesin" (HAH??!!! ngegemesiiiiiin??? mungkin dia anggep gue ini kea anak monyet yang baru lahir)
"koq bisa dia bilang begitu?"
"iya, gara garanya tuh lu sering maen bekel ama dia, maen karet, maen gobag sodor, maen kejar kejaran, jadi lama lama dia suka ama lu..."
*gue mupeng. mupeng abizz.
"jadi gimana? lu suka juga ga ama dia?"
"au ah....gak tau gue....."

yah begitulah. Ternyata cinta datang bukan hanya dari ban kempes, truz ada cowok jentel yang nolongin lu, atau dari tabrakan di lorong kampus, buku buku jatuh berantakan (padahal dia bawa tas, tapi tetep maksa bawa buku di tangan) truz ngambil dan ngerapiin buku yang jatuh bersamaan, atau dari pasang foto (k)unyu(k) (k)unyu(k) di foto profil. Ternyata cinta juga bisa dateng dari maen bekel bareng, maen karet bareng, bahakan mungkin bisa juga dari arisan bareng, atau......mangkal bareng mungkin bisa juga

Dan dari yang semula gue sama Ayi itu biasa biasa ajah, mulai saat itu setiap kali gue ketemu dia, ada perasaan aneh berdesir di dada. Kita tetep maen bekel bareng maen karet bareng, maen gobag sodor bareng, tapi dengan senyum senyum malu ketika mata kami tidak sengaja bertatapan.
Dan mulai saat itu lamunan gue berisi tentangnya. Tentang bagaimana dia melompat ketika maen karet, tentang bagaimana cara dia melempar bola bekel dan mengambil biji bijinya, tentang bgaiman ekspresi dia kalo kalah maen gambaran ama gue, dan segalanya.....

Akhirnya prilaku gue mulai menunjukan jawaban buat dia. Sering kali ketika berangkat ke TPQ gue nyolongin jepitan rambut ade gue, ato gelang tangan hadiah dari chiki, atau anting antingan yang juga hadiah dari chiki, atau bahkan BePe BePean koleksi gue, untuk dikasihin ke dia lewat ponakan dia yang satu TPQ juga dengan kita dan tinggal serumah dengan dia.(kalo ada yang ga tau bepe bepean itu apa, itu adalh sejenis mainan orang orangan dari kertas yang bisa di ganti bajunya dengan koleksi baju yang ada dalam paket penjualan.)
Dan gue juga mulai sering berkirim surat ke dia dengan bahas romantis ala anak kelas enam SD.

Hingga tiba hari kelulusan gue, dan gue mendapat predikat lulusan terbaik angkatan gue, (setahun kemudian dia juga lulus dengan predikat yang sama dengan yang gue raih waktu itu. kita klop banget yah), dia nanya gue mau ngelanjutin ke SMP mana.

Saat itu nyokap dah nentuin gue bakal masuk ke pesantren di cirebon

Dia diem

"kenapa harus di ceribon?"

Gue diem

"nanti Ayi bakal nyusul. lulus SD ayi juga mau minta masuk pesantren"

Gue menoleh

"maen karet lagi yuk yi...."

Setahun kemudian, ketika gue pulang ke bekasi waktu liburan kenaikan kelas, gue ketemu temen geng nya dia.

"ayi sekarang skolah dimana?"

"dia masuk pesantren kata nyokapnya"

"beneran? pesantren mana?"

"katanya si mau masuk pesantren lu ji, tapi sama nyokapnya disuruh masuk pesantren di cianjur."

"oh...."

Dan sampe sekarang gue gak pernah ketemu dia lagi. mungkin dia udah nemu cowok yang lebih jago maen karet daripada gue, yang lebih jago maen bekel dari pada gue, yang lebih jago maen gobag sodor dari gue, yang leih jago maen gambaran dari gue, atau dia sudah nemu cowok yang satu arisan ama dia

Sering kali gue sholat jum'at di masjid yang deket ama rumahnya, padahal ada masjid laen yang jauh lebih deket dari rumah gue. tapi sengaja gue lewat situ demi bisa liat dia. Tapi itu gak pernah kesampean. Dia sudah berubah menjadi emas dalam sejarah gue. Dia telah berubah jadi sosok indah dalam kenangan dan masa lalu gue. Dia telah menjadi mimpi dalam tidur gue yang tak lagi bisa gue sentuh

Dia....

ini asli masa lalu gue....

Perempuan kedua bernama Siti Masyithoh

Dia ada sebelum Ayi datang, dan jujur, gue lebih suka dengan Itoh daripada Ayi

Bukan. Itoh bukan sosok yang menarik jika dipandang. Dia jauh dari kata ideal dan sempurna. Dia hanya seorang perempuan desa yang pendek dan tidak pintar juga hanya berwajah pas pasan.

Dia satu angkatan dengan gue. Gue dikelas enam A dan dia dikelas enam B. Entah, gue juga gak ngerti kenapa dia bisa suka ama gue. Ya, kita memang lumayan sering bercanda bareng. Kebetulan dulu di kelas gue ada yang ngadain arisan denga iuran 500 perhari, dan dia ikut juga sama kaya gue. Lepas dari pada itu, kalo mau lebih teliti lagi, ternyata frekuensi gue bercanda sama dia gak sesering bercandanya gue sama temtn deket gue yang laen.

Tapi istirahat sekolah pada waktu itu seorang temennya dia yang juga temen gue juga, menarik tangan gue ke kelas enam B.

"ngapa si?"
"bentar, lu ikut gue ajah..."

dia ngajak gue ke bangkunya Itoh. Lalu dia nunjuk salah satu kaki meja
tertulis nama gue di sana, pake tip x nulisnya

"tadi waktu pelajaran dia nyoret nyoret nama lu di bukunya, sampe di kaki meja tuh......"
"truZ?"
"ah, oon lu. Dia suka ama lu."
"becanda lu ah"
"serius ji! Dia sering cerita tentang lu ama gua"
"truz?"
"au ah...bodo amat lah lu mau ppercaya ato engga. tapi gue serius"

Pada saat itulah gue pertama kalinya merasa sebagai cowok (selain ketika gue buang air kecil), Sepanjang langkah kembalinya gue ke kelas gue terus mikir, kenapa bisa si Itoh suka ama gue? bagaimana pun gue berusaha keras mikir apa sebabnya si Itoh bisa suka ama gue, gue tetep gak bisa nemuain apa jawabannya...


will be continued, paket internetnya dah mau abis...hehhhehehhe




 

You May Also Like

0 komentar