Trik Membaca Puisi yang Benar

by - 15.30

http://samdeiza.blogspot.com/2014/11/trik-membaca-puisi-yang-benar.html
Ini kali ke lima gue ikut lomba baca puisi

Pertama kali di Jepara dengan unlucky result, kemudian di Demak dengan result Second Place, yang ketiga di Demak lagi dengan result yang sama, Second Place, yang ke empat di Kudus dengan hasil ELIMINATED karna gw telat. Dan ini adalah kali ke lima gue ikut lomba baca puisi
Whats makes me so interest in this bidang sebenernya?
Dari semua cabang sastra, membaca puisi pada awalnya bukan cabang yang gw tertarik untuk mendalaminya. Sejak SMP gw udah suka nulis cerpen, sempet dimuat juga di berbagai majalah buku tulis gue sendiri. Sejak SMP juga gue suka nulis puisi. Ketika SMA gw rutin nulis Artikel untuk dikirim ke redaksi majalah sekolah dan mading sekolah. Alhamdulillah pula sering dimuat. Alhamdulillah juga cerita gue pernah dimuat di salah satu catatan hati seorang istri majalah islami nasional.
Just menulis saat itu, sama sekali ga ada minat buat mendalami baca puisi. Kepikiran baca puisi aja ga pernah.
Baru ketika gw jadi perwakilan sekolah di POSPEDA tingkat provinsi untuk kategori English Speech (dan gue kalah. Bangke!) gw tertarik untuk mendalami cabang baca puisi ini ketika ngeliat temen gue yang jadi perwakilan untuk kategori lomba baca puisi dan peserta peserta lomba baca puisi lainnya tampil di panggung. Its so awesome menurut gue. Intonasi suara, penekanan, mimik, penggalan penggalan yang tepat, semuah! Saat itu yang ada di benak gue adalah, “gue bisa kayang 12 jam baca puisi seperti mereka dan gue bisa lebih baik dari mereka. So I must learn it well!”
Maka ketika kesempatan itu datang lewat pameran buku Jepara tahun 2011, gw pun ikutan daftar. Well, meski pada akhirnya gue kalah (dan itu nyesek banget. Bangke!) tapi gue semakin termotivasi dari penampilan juara satu nya yang sumpah cantik banget  keren banget. Untuk liat first performance gue, lu bisa klik http://samdeiza.blogspot.com/2012/03/ea.html (18+Only)
Kesempatan itu pun akhirnya datang lagi di Demak. Tanpa pikir panjang dan juga tanpa memikirkan yang panjang panjang, gw pun ikutan untuk yang ke dua kali nya. Berbekal pengalaman liat penampilan penampilan para juara, baik di tempat lomba sebelumnya ataupun searching lewat youporn You Tube, akhirnya gue bisa menyabet jurinya  juara Dua.
Di tahun berikutnya, EO yang sama menggelar acara yang sama pula di kota yang sama dg peserta lomba baca puisi yang sama juga (_gue_) dan kampretnya, mendapat juara yang sama juga.
Dari sini lah gue mulai sangat tertarik untuk menjadi pembaca puisi profesional. Ga setengah setengah. Harus bisa All Out dan bener bener memahami teknik dan menjiwai. (dan ternyata gue ga sesungguh itu. Heheheh)
Dan hanya berselang satu bulan kalo ga salah, event serupa di adakan di Kudus, dan gw tertantang untuk menjajal kemampuan gue di kota kretek itu. Mengingat kudus merupakan salah satu kota  yang banyak sekolah favorit nya yang menunjukan kualitas pendidikannya yang otomatis remaja remajanya kemungkinan banyak juga yang pinter sastra terutama dalam bidang baca puisi (entah korelasinya dimana)
Namun takdir berkata lain, gw yang sorenya harus mengajar TPQ, dan belum punya motor sendiri, akhirnya baru bisa berangkat pas Isya, which is acara sudah dimulai sejak habis ashar. As you know that jarak Demak – Kudus yang walaupun di peta terlihat berdampingan mesra mesra gimanaaa gitu, tapi kalo lu naik motor, itu setara dengan perjalan dari planet Bekasi ke kota Bogor. Kalo kata yafiat, Uadohe nganggo PUUUOOOlll. Dan akhirnya gue telat.
Satu yang gw notice disini, pada akhir acara, ketiga juri menyampaikan komentar komentarnya terhadap penampilan penampilan peserta pada hari itu. Dan ini yang ingin gue share sama kalian. Kali aja ada yang minat mendalami dunia baca puisi juga kaya gue… hehehe
Cara Membaca Puisi yang Baik dan Benar Menurut Ijma’ para Sastrawan Asli (not Sastrawan KW)
1.       Teks puisi boleh dibacakan di panggung dalam bentuk Kertas, Buku, atau dipakaikan Map dan sejenisnya. Namun ini tidak menambah nilai plus. Hanya saja anda akan terlihat lebih rapi jika menggunakan papan jepit, atau map, atau lain sebagainya. (asal jangan ditulis di leptop trus lu bawa se leptop leptop nya pas maju ke panggung)
2.       Perhatikan pakaian anda. Betul sekali bahwa biasanya sastrawan berpenampilan urak urakan. Rambut gimbal, panjang, dan terkesan tidak rapi. Namun untuk sebuah perlombaan, usahakanlah untuk berpenampilan rapi. (tapi ga perlu pake setelan  jas atau tuxedo juga. Remember! Lu di panggung untuk baca puisi, buakan buat akad nikah)
3.       Pas di panggung, sandal atau sepatunya di pake aja. Ga usah di lepas. Ga ada batas sucinya koq..
4.       Well, para juri itu berkata bahwa salam di awal ataupun akhir tidak perlu dilakukan. Namun perlu sekali menurut gue untuk menunduk atau membungkuk kepada juri sebagai penghormatan (dzaalika harooooomm ya akhiii… nau’un minasy syirk -> di rajam ustadz kubro)
5.       Perhatikan intonasi: dimana anda harus meninggi kan suara, dan dimana anda harus menurunkannya, dimana anda harus menekankan suatu bait, dan dimana beberapa bait harus dibaca menyambung terus tanpa jeda. Mainkan intonasi anda dengan nikmat dan penuh penjiwaan.
6.       Mimik. Mimik sangat berpengaruh dalam penilaian, selain juga Intonasi. Sesuaikan mimik anda dengan ekspresi yang terkandung dalam setiap bait. But remember, don’t be lebay lebay amat. Do it naturally
7.       Karna ini judulnya lomba baca puisi, maka 80 persen dari performance lu adalah lu harus liat teks nya alias lu harus baca. Meskipun ketika lu latihan berjuta juta kali akhirnya lu jadi hafal, tetep, lu ga boleh melebihi 20 % melafalkan bait tanpa melihat teks. Ini akan menjadi salah satu poin yang sangat di notice oleh para juri.  Dan gw pernah mengalami kekalahan karna hal ini. (secara gue titisannya Imam Bukhori gitu loh ya… jadinya baca sekali langsung apal.. )
8.       Jangan terlalu banyak gerak! Cukup tangan dan sedikit mundur mundur cantik gerakan badan.  Lu ga perlu sampe jatuh bangun untuk mengekspresikan puisi yang lu baca, apalagi sampe kayang dan sikap lilin. ITU TER-LA-LU. Remember this, dude! Takutnya lu udah jatuh bangun, bahkan sampe salto dan jungkir balik, IP man waktu berantem  aja sampe kalah keringet, eh, ternyata lug a menang. Kalo kaya gitu kan bangke bangat. Sakitnya tuh di JONGGOOOOOLLL!!!
9.       Apakah perlu musik pengiring? Bagi sebagian orang mungkin itu akan menjadi bumbu yang sangat menyedapkan dalam membaca puisi. Dan memang akan terdengar sangat indah jika iringan music dan pembacaan puisinnya begitu menyatu. Namun menurut ijma’ sastrawan pada sidang itsbat yang lalu, backsound atau iringan music memang akan sangat memperindah, namun tidak memberi nilai plus sedikitpun dalam penilaian. Jadi ya silahkan kalo ada yang mau make back sound, asal disesuaikan aja musiknya dengan puisinya, juga timing nya. Jangan ketika lu baca puisi bertemakan perjuangan, eh lu malah pake back sound Lengser Wengi. That totally not funny at all…
Itu mungkin sharing dari gue berkenaan dengan trik membaca puisi yang baik dan benar menurut ijma para sastrawan asli. Semoga bermanfaat bagi kita semua, baik di dunia maupun di akirat. Kita tutup pesugihan ini dengan membaca Koran..
Well, balik lagi ke wala, tentang lomba baca puisi gw yang ke lima di pameran buku Jepara 2014 ini. Just need one word to describe how I feel: bangke! Lemme explain to ya.
Gimana ga bangke pemirsah, gw udah merayu Yasir buat dianterin dua kali ke Jepara (for registration first, and the Poem contest second), ngabisin banyak biaya, ya untuk bensin, makan, registration fee, dan lainnya, juga udah merelakan waktu waktu luang untuk latihan, sampe mungkin tetangga tetangga kost gue pada ngira gue kena antraks ato ebola gegara teriak teriak ga jelas, udah morat marit abis kerja harus buruan pulang cepet takut telat lagi, trus nunggu 5 JAM buat maju karna gue dapet urutan terakhir, dan di masa lima jam itu gue latihan udah all out banget, dan ketika di panggung semua trik udah gue keluarin, udah maksimal banget, bahkan mengundang tepuk tangan dari semua penonton saat itu (yang Cuma kurang dari 10 orang, secara udah jam setengah sebelas), dinilai bagus oleh guru sastra di sebuah sekolah, bahkan tukang jaga genset pun mengakuinya, udah dapet doa dari Intan, Fadli, Yasir, temen temen kantor, dan gue sendiri tentunya, ..
Tapi para juri itu menilai gue ga pantes jadi juara..
BAHKAN HANYA UNTUK SEKEDAR JUARA HARAPAN TIGA!!!!
Bangke bangat ni juri. Asli!
Well, semua memang perlu pengorbanan. Dan gw ikhlas… ikhlass… banget…
Tapi tetep ini ga bisa di nalar!
Gw bakalan tenang, bahkan ga merasa telah sia sia mengerahkan seluruh daya dan upaya serta pengorbanan, kalo gw dapet sesuatu dari lomba tersebut, seperti ketika di Jepara gw bisa dapet pelajaran dari penampilan juara satu nya, dan ketika di kudus gw bisa dapet pelajaran tentang bagaimana cara membaca puisi yang baik dan benar, tapi kali ini???
Nope bro… I got nothing!! Gw sama sekali ga bisa kagum atas penampilan juara satunya, gw juga ga bisa ngambil kesimpulan dari para pemenang tentang bagaimana cara membaca puisi yang baik menurut para juri juri itu, dan juri juri itu juga ga menjelaskan gue kurang nya dimana??
Oke, its time to me to believe that everything doesn’t always as you want and hope. There’s so many mystery in the world can’t be explained.
Itulah kenapa gue nulis di atas bahwa trik trik itu berdasarkan ijma para sastrawan asli. Yang bener bener melhat sastra dalam menilai, dan juga professional, tidak mempengaruhinya dalam memutuskan nilai walaupun dalam keadaan lelah, mengantuk, karna udah jam setengah sebelas.
ASUdahlah… sudah terjadi…
Kesempatan berikutnya, gw harus berusaha lebih lagi. Semoga suatu saat gw bisa disandingkan dengan nama Nana Riskhi Susanti sebagai penyair nasional… (ketinggian om..) (bagen… nanan)
Oke, disini ada video waktu gw baca puisi yang kedua (puisi pilihan) sayangnya pembacaan puisi pertama tidak lengkap terambil karna kapasitas ruang penyimpanan di hape habis. video ini juga kurang jelas karna diambil dari jarak yang tidka begitu dekat. But, just hope you'll enjoy it.



You May Also Like

4 komentar