4 Gunung

by - 23.33

huft.....setelah di Alirsyad gw g berkesempatan ikut AULITA (aulad like to tadabur alam...terkesan maksain banget ea singkatannya...^_^) akhirnya di Al Muttaqin jepara ini lah gue belom punya kesempatan juga untuk masuk samupala (yeee...sami mawon,kucrut....)secara muka gue da ketuaan untuk maen maenan kea gitu.....
tapi alhamdulillahnya, meskipun gue belom berkesempatan masuk organiasasai pecinta alam mana pun, taun ini gue da bisa daki 3 gunung sekaligus.....(gunung utang, gunung masalah n....gunung lebay?)
dan disini gue just mw telling about the peak peak of mountain mountain yang pernah gw daki (bahasa inggris jadi jadian..)
1. Gunung Sindoro atau yang lebih terkenal dengan Gunung Sindoro (lah?)
    gunung yang terletak di desa Temanggung ini mempunyai ketinggian 3.150 meter diatas permukaan laut ato biasa di singkat oleh para pemalas baca itu dengan sebutan 3150 emdepe el.Biasanya jalur yang dipakai pendaki untuk mencapai puncak adalah jalur kledung, yakni sebuah desa dengan hamparan perkebunan palawija (jiah...palawija....kea tau jaha palawija tuh apaaan....) yang begitu luas..(yea g terlalu luas si...tapi lumayan buat bikin kaki kemeng kemeng klo lewat perkebunan itu dengan jalan gagak...jalan gagak?kurang kerjaan banget yah....)

    dan yang paling mengharukan yah pemirsa pemirsa...ternyata jalur kledung yang di pake buat mencapai puncak itu masih tanah bebatuan!(yaeyalah...masa bapak lu mw ngaspalin?)maka dari jalan tanah-bebatuan-terjal-menanjak- itulah para pendaki tidak di sarankan untuk memakai sepatu hak tinggi ketika mendaki!apalagy memakai sepatu roda....(bayangin ajh sendiri coba klo daki pake sepatu roda.....nah...bijak banget kan pemerintah temanggung yang ngelarang penggunaan sepatu roda ketika mendaki?!-idih,sinting-)
    dan yang paling mengharukan sekali yah pemirsa pemirsa,jalan menuju puncak tuh ternyata nanjak!
    oke oke...gw will be more serious....
    singkat cerita, (lahkapan lu cerita?) yah intinya, ketika kalian sudah sampai pada titik tertinggi dari gunung sindoro alias peak of sindoro monten, kalian akan menemukan kawah yang cukup indah disana (C ajah cukup kan..?gw mank terkenal pelit dalam memberi nilai...hohoh)ditambah pemandangan beberapa gunung gunung lain di pulau jawa. Misalnya pegunungan himalaya, trus aer terjun niagara, trus pasar apung di kalimantan, trus wc nya mpok leha ma mpok minah...nah keliatan semuah dah tuh dari puncak sindoro..(g percaya?daki ajah sendiri dan buktikan bahwa kalian benar benar sayah tipu....hohoho)
    kata temen guah yang so tau itu si (alias paus terdampar, kata kapal selam berjalan) kita membutuhkan waktu sekitaer 15 menit untuk mengelilingi kawah sindoro. yeah...gue mah kaga pernah keliling kawah sindoro..lah pan gue sibuk narsis narsisan di depan kamera selama berjam jam....
    dan nilai gue untuk peak of sindoro monten ni adalah 8
ekhm...larat...gunung ini gue daki taon 2010...waktu gue masih imuit imut duduk di kelas 5 yang semua muridnya amit amit kecuali guah

2. Gunung Gede atau yang biasa di juluki dengan Gunung Gede (garing mad...garing!)
    berbeda dengan gunung Sindoro, gunung yang satu ini tidak terletak di semarang (lah nyambung amat) melainkan dekat dengan cirebon (kalo di peta). Yup, gunung ini terletak di antara tiga kota: bogor, cianjur, dan sukabulan alias sukabumi. Biasanya para pendaki memilih jalur cibodas untuk menuju puncak karana jalur tersebut sudah di beri eskalator dan beberapa lift (lift min hongkong! eskalator palalu peang!) maksud saia, jalur cibodas ini banyak menyuguhkan pemandangan pemandangan yang Indaaaaaaaaaaaah......kalola!sumpah....gue berharap banget bisa pergi lagy ke gunung ini dengan di temani kekasih tercintrong gue...Mpok Atie....(not omas yah...)
     hampir setengah jalan menuju puncak berupa bebatuan bebatuan yang memang sudah disusun menyerupai tangga untuk memudfahkan para pendaki.(tapi sama ajah betis lu bakalan hamil 8 bulan!)dan karana jalan yang begitu endang nya serta pemandangan yang begitu cwantiknya, para pendaki tidak disarankan untuk buta matanya...(lagyan kurang kerjaan juga orang buta naek gunung) maksudnya tidak disaran kan untuk mendaki pada saat matahari sudah bersianar.karana selain karna panas, perjalanan anda akan memakan waktu yang lebih lama karna mata anda tidak akan berhenti meliahat pemandangan yang begitu indah di kanan kiri anda karna pemandangan itu tidak layak sekali untuk dilewatkan karna pemandangannya sanagat indahsekali karna ini adalah hasil karya ciptaan Allah yang maha Esa karna Allah tidak aakn menciptaakn....(lanjutin ndri....hosh hosh hosh...)
     Pokoknya ini gunung yang palng gue saran kan untuk didaki sebelum gunung mana pun di indonesia.apalagy klo lu bisa sekalian kemah di kandang badaknya.....
     Lanjut, setelah sampe puncak anad akan mendapatkan kawah goiru wadeh yang indah sangat. Gue sebut goiru wadeh karna kawahnya g sesempurna kawah sindoro tapi lebih cwuantik dari kawah sindoro....Dan peak of gede alias puncak tertinggi gunung gede ini tdak berada pada satu tanah lapang melainkan berupa jalan setapak. Makanya klo kalian dengan anugrah Allah bisa nyampe puncak ini, cari ajah yang menurut lo paling tinggi di antara jalan setapak tersebut maka itulah puincak tertingginya alias pentilnya (hohoho). Jalan setapak ini klo di tapaki terus nembus nembusnya ke bunderan ngabul eh, salah, ke jalur pendakian gunung gede pangrango lewat jalur cipanas. 
     Selain ituh, dari puncak yang sama lu bisa liat alun alun surya kencana yang luaaaaaaassssss sangat. kata nya si hampir sekitar 15 hektoare (hektar, oneng...masa g tau?katrok banget seeh..udah g usah baca lagi.....)alun alun surya kencana sendiri itu merupakan hamparan rumput yang luaaas  banget.di bagian bawahnya nongol dengan ondahnya padang edelwes. Katanya si tempat tu rada kramat, banyak mitos mitosnya geto deh...Menurut riwayat Bukhori Muslim (anaknya mpok kincut,bukan penulis Shohihain) Kadangkala pendaki yang berada di kawasan alun-alun Surya Kencana akan mendengar suara kaki kuda yang berlarian, tapi kuda tersebut tidak terlihat wujudnya. Konon, kejadian ini pertanda Pangeran Surya Kencana datang ke alun-alun dengan dikawal oleh para prajurit. Selain itu para pendaki kadang kala akan melihat suatu bangunan istana.hm....seru juga tuh...bisa jadi tempatyang bagus untuk acara Uji Nyali. Surya kencana ini terletak pada ketinggian 2750 emdepeel.
NB; (gambar diatas) 2 pendaki bermuka pas pasan sedang berjalan di puncak gunung gede. Sedangkan di belakanya itu cuman bayangan doang...eh, salah deng, yang bener gunnug di belakang itu gunung pangrango. yeah bisa di bilang kembaran siam nya gunung gede secara 2 gunung ini dempet. Di Kandang Badak ada dua jalan yang satu ke Puncak Gede yang satulagi ke puncak Pangrango.(so tau ih...padahal g tau bener gak)
     Dan seperti yang gue bilang, selama mendaki lu akan melihat banyak pemandangan yang bagus sangat. Diantaranya ni ya....

1.Telaga Biru. Danau kecil berukuran lima hektar (1.575 meter dpl.) terletak 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru.


selain itu, tak jauh dari telaga biru ini ada jalan, mmm jalan layang tepatnya (jiah...jalan layang...kea d kota ajah) karna jalan ini di bangun diatas rawa yang di disain sedemikian rupa sehingga menjadi tempat paling romantis buat dilewati ama monyet peliharaan (babi juga boleh...)



 2.Air terjun Cibeureum. Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter terletak sekitar 2,8 km dari Cibodas. Di sekitar air terjun tersebut dapat melihat sejenis lumut merah yang endemik di Jawa Barat.


no coment.kemearen gue di tinggal kakak gue. jadi g sempet ke situh...sina gebret!

3. Air Panas. Terletak sekitar 5,3 km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas.


ini neeh yang paling seru dari pendakian Gunung Gede. Kalian akan melewati jalur di mana jalur tersebut merupakan air terjun (yeah bukan air terjun juga seeh...pokokny air yang ngalir kebawah lah...terserah kalian mw namain apa. mw namain air keran juga g papah...) yang air nya itu lumayan panas! (yea....kira kira 80derajat selsius lah...eh, becanda deng...g sepanas itu juga kali. yang bener yah hampir 100 derajat selsius.hohoho).dan selain jalan yang di lewati merupakan jalan air panas, ternyata batu batu di ja;lur ini juga agak licin.kemaren ajah waktu gue ma abang gue lewat sini abang gue sempet kepleset. untung ajah camdig (camera digital...yaelah...masa g tau juga?!) yang di taro di saku jaket na g jatoh....mw pantat nay tepos juga g papa deh asal camdig nya g nyemplung ke air...

4. Kandang Batu dan Kandang Badak. Untuk kegiatan berkemah dan pengamatan tumbuhan/satwa. Berada pada ketinggian 2.220 m. dpl dengan jarak 7,8 km atau 3,5 jam perjalanan dari Cibodas.

nyari di mbah google gambarnya gda yang bagus...sekalinya ada pasti ada monyet monyet narsis juga di gambar tersebut.jdy g sah di pajang ajah yah gambarnya...(yang mw liat juga sapah?)

5. Alun-alun Suryakencana. Dataran seluas 50 hektar yang ditutupi hamparan bunga edelweiss. Berada pada ketinggian 2.750 m. dpl dengan jarak 11,8 km atau 6 jam perjalanan dari Cibodas.

 hadeeuuh....kebayang g tuh kemah di tengah tengah hamparan edelwes........aplagy lu bisa ketemu (kaloberuntung) ma pangeran surya kencana bersamakuda kudanya bahkan isatananya....hahay....

6.  Puncak dan Kawah Gunung Gede. Panorama berupa pemandangan matahari terbenam/terbit, hamparan kota Cianjur-Sukabumi-Bogor terlihat dengan jelas, atraksi geologi yang menarik dan pengamatan tumbuhan khas sekitar kawah. Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, Ratu dan Wadon. Berada pada ketinggian 2.958 m. dpl dengan jarak 9,7 km atau 5 jam perjalanan dari Cibodas.

.suhu rata rata di puncak ini yah pemirsa pemirsa sampe 18 derajat. bahakan kalo malem bisa sampe 5 derajat...makanya jangan lupa bawa kipas angin klo mw daki gunung gede.hoho

yup....itulah....dan untuk peak yang satu ini gue kasih nilai 100,5

3. Gunung Merbabu atau yang biasa di kenal dg...(bosen ah...)

    dan gunung ke tiga dalam urutan 4 gunung, dan urutan ke 2 dalam gunung yang gue daki taun ini adalah gunung merbabu. Gunung yang selalu gue liat tiap kali gue buka jendela waktu kamar gue masih di Uhud 5 di Al Irsyad. Dulu gue ngidaaaammmm banget pengen menjejakkan kaki di sana. tapi g kesampean kesampean....cuma bisa maen ajah di kaki gunung nya (ke tower maksudnya....tempat yang kata muammar deket, tapi ternyata menghamili betis guah juga)

bisa di daki dari beberapa jalur.tapi seruan lewat jalur selo (yaeyalah, secara gue g tau jalur yang laen...hohoh)

    but, wait....koq gue jadi males nerusin artikel merbabu ini setelah nulis tentang Gede?
    okeh, gue tabah tabahin....
    awal kali gw interest ama gunung ini sebenernya sejak gue di kasih fotonya hanif waktu dia nyampe di puncak...selaen karna yang narsis di depan kamer itu orang nya lebih dari pas pasan juga karana pemandangannya bener sangat amazing!


 perjalanan menuju puncak itu sendiri sebenarnya bukan sesuatu yang luar biasa seperti mendaki Gede, tapi ketika anda sudah berada pada sepertiga bagian akhir gunung ini, barulah mata anda akan di manjakan oleh paranormal paranormal indah...eh, maksud guah panorama (yup, betul sekali....panu nya si Rama maksudnya) seperti padang sabana satu dan dua. ketika anda sampai pada titik ini, maka mata anda akan buta! hahahah...garing yah?banget! maka mata anda akan memandang hamparan rumput hijau yang luas....tepat sekali di gunakan untuk maen ular naga panjangnya bukan kepalang.....atau maen bekel juga bisa......atau yah...karet juga bisa....atau kalo lu sempet bawa, maen monopoli juga boleh.....(apaan si ni?)



























tuh...liat sendiri.bener bener bagus yah buat maen prosotan...hohoho (kalo mw burung plus pantat lu rata)
    hingga pada puncak lu bakal liat beberapa titik tertinggi gunung merbabu.tapi yang palingtinggi adalah puncak triangulasi (liat dari beberapa artikel, aslinya mah gue kaga inget nama puncaknya apaan.biasa..daku sudah mulai tua sayang...)yang dulu mempunyai ketinggian 3.142 emdepeel.tapi karna gempa jogja, dan setelah di ukur ulang, puncaknya naek 16 meter jadi 3.158 emdepeel.(pantesan betis gue lebih gede...-mank dah gede dari sono nya kali...)
      dan dari puncak itu juga lubisa liat pemandangan beberapa gunung di pulau nami, eh pulau jawa.seperti monas, patung sudirman, bahkan pentilnya jupe juga bisa lu liat semuah dari sinih....hohoho.bahkan kata temen gue yang rambutnya makin hari makin mirip sai baba itu lu bisa liat borobudur dari puncak merbabuy.asyik khan....
























yup,dan untuk puncak yang satu ini gue kasih nilai 9.

4. Gunung Muria atau yang (heh,garing, oneng!di ulang mulu!)

    okeh, pada kesempatan ini gue mw kasih nasihat ke lu lu pada; jangan asal mengeluarkan dan menyetujui pendapat!salah satu akibatnya betis lo bukan hanya hamil, tapi juga meledak!hal ini terbukti ketika kita (maksud gue satu artis kore beserta cecunguk cecunguknya-hehehhe-) mengadakan lintas alam melintasi sewengan-rah tawu. gara gara celetukan satu cecunguk dan disetujui oleh satu artis korea dan dua cecunguk lainnya dan terpaksa di ikuti persetujuannya oleh raja cecunguk ^_^ untuk sampe ke puncak muria yang bernama songo likur, akhirnya kita bner benr merelakan betis kami terdzolimi....


tak ada yang tepat menggambarkan jalan menuju puncak kecuali satu: nanjak! ya emank semua gunung si jalanannya nanjak,tapi beda ma muria.bukan hanya nanjak, tapi nanjaknya ke atas (sedeng!)
    Satu hal yang mearik dari perjalanan menuju puncak Muria adalah,banyak sekali hal hal dan aroma mistis yang dapat di rasakan dalam perjalanan menuju puncak. karna memang gunung ini di disain khusus nuntuk para dukun....g heran waktu kami nanjak kami di pandangi g ramah ma penduduk sekitar....ye...muka si boleh muka dukun,tapi kan klita beriman ...iyta g?(eh,masa sih?)
    tak hanya dalam perjalanan.Di puncak pun anda akan menemukan tempat tempat ritual yang kelaitannya sering di kunjungi. Lepas dari itu....puncak nya amat wonderfull......
    Berbeda dengan gunung gunung di atas, dari puncak muria kita g bisa ngeliat gunung laen di eropah (yaeyalah..) secara gda yang deket gituloh...satu satunya gunung terdeket cuma ungaran. Testimoni gue tentang puncak ini adalah; ini merupakan puncak terendah yang pernah gue pidak, tapi jalannya merupakan jalan ter ngeselin dari jalur jalur yang pernah gue lewatin.... (kecuali waktu turun..)

yang bikin gue menempatkan gunung ini pada urutan ke tiga mengalahkan sindoro adalah jalan menuju atas nya yang bikin pusing tujuh keliling. Jalan setapak ini lebih ngeri dari jembatan setan di Merbabu, lebih ngeri juga dari tanjakan setan di Gede (kesian yah setan...selalu jadi objek hal hal yang mengerikan...tapi gpp byar tambah femes kan...) kalo lu jalan lewat sini gue saranin jangan liat kanan kiari kalo lu laergi ketinggian,....lebih baik lu liat jalanan nya ajah...lebih selamat boy....
yup,untuk puncak yang satu ini gue kasih nilai 8,5

dan itulah pengalaman ke empat gunung yang pernah gue daki hingga sekarang.kalo di urut ulang dari puncak paliung favorit, maka puncak Gede ada pada urutan pertama, disusul dengan puncak merbabu pada urutan kedua, puncak muria pada urutan ketiga, dan yang paling bontot adalah puncak sindoro...
    semoga ajah gue masih punya kesempatan untuk menjejakan kaki di puncak puncak lainnya.....


You May Also Like

2 komentar

  1. Izin make gambar ya:
    http://allchussna.wordpress.com/2013/09/07/catatan-perjalanan-sunrise-attack-gede-2958-mdpl-part-9/

    BalasHapus